RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Kelas/ semester : 4/II
Alokasi waktu
: 1x35 menit
Standar kompetensi
:7. Mengenal ketentuan shalat id
Kompetensi dasar
: 7.1 Menjelaskan macam macam shalat id
Pada akhir pertemuan siswa di harapkan mampu:
Indikator : 7.1.1 menyebutkan macam-
macam shalat id
: 7.1.2
menjelaskan macam macam shalat id
1.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.Siswa mampu menyebutkan pengertian macam macam shalat idul fitri dan idul
adha
2. mampu menyebutkan hukum shalat idul fitri
dan idul adha
II MATERI
1.
Pengertian
Macam macam shalat id
2.
Hukum
shalat id
III METODE/ STRATEGI PEMBELAJARAN
Ceramah,Active, knowledge sharing
IV. Langkah- langkah pembelajaran
1. Kegiatan awal
waktu
|
kegiatan
|
Strategi/
meode
|
Sumber/
bahan/ alat
|
3
menit
2
menit
|
·
Guru mengucapkan salam dan doa
·
Guru mengabsen siswa
|
Ceramah
Ceramah
|
2. Kegiatan
inti
waktu
|
kegiatan
|
Strategi
/metode
|
Sumber
/bahan/ alat
|
15
menit
5
menit
|
Guru
menerangkan materi kepada siswa tentang
pengertian macam macam shalat id dan hokum hukum shalat id
Lalu
guru membuat pertanyaan tentang materi yang di sampaikan kepada siswa
|
ceramah
|
Buku
fiqih kelas 4 semester II
|
10
menit
10
menit
10 menit
|
Siswa
siswi memberikan jawaban secara
individu
Siswa
siswi melakukan sharing pendapat dengan siswa lain
Guru
memberikan klarifikasi terkait dengan materi yang di sampaikan
|
Active
knowledge sharing
Active
knowledge
Sharing
Active
knowledge
sharing
|
Buku
fiqih kelas 4 semester 11
|
3. Penutup
waktu
|
kegiatan
|
Strategi/
metode
|
Sumber/
bahan/ alat
|
10
menit
|
Guru
memberikan refleksi berupa pr di rumah
|
ceramah
|
Buku
fiqih kelas 4
|
Sumber/ bahan/ alat
Buku fiqih kelas 4 mi
Penilaian
Tes
tulis
Lampiran
Kkm
Instrumen penilaian
Soal
kunci jawaban metode pensekoran
Materi
Kepala sekolah
Guru kelas
Hanifah
ulfa M..pd
Ulung duwita sari M.pd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar