Kamis, 08 Januari 2015

silabus pai dan budi pekerti kelas


I.           PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI

A.     Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

 


Satuan Pendidikan   : SMA/MA

Kelas: X (sepuluh)

Kompetensi Inti                       : 
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber belajar
Komentar
3.3Menganalisis  Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina.
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur
1.        Perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina.


Mengamati
·       Menyimak bacaan, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan  Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait.
·       Mencermati manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan zina melalui tayangan video atau media lainnya.
Menanya
·       Menanyakan cara membaca hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait

Mengumpulkan Informasi
·       Mendiskusikan cara membaca sesuai dengan tajwid,  menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait
Menalar/Mengasosiasi
·  Membuat kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait

Mengomunikasikan:
Mendemonstrasikan bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang  Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24):  2, serta hadits terkait secara individu maupun kelompok
Sikap
·       Mengamati teman sejawat tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat melalui lembar pengamatan.

·       Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan lembar observasi yang memuat:
·       isi diskusi
·       sikap yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan kerja kelompok
·       Menjelaskan hasil pengamatan tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil  sebagai implemantasi dari Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)

Pengetahuan
·       Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)

Keterampilan
·       Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil).
·       Membuat paparan analisis dari hasil observasi tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil.

15 jp
·   Buku PAI Kls X Kemdikbud
·   Al-Quran dan Al-Hadits
·   Buku tajwid
·   Kitab tafsir Al-Qur’an
·   Buku lain yang menunjang
·   Multimedia interaktif dan Internet

Menurut
Pendapat
Saya
Pembelajaran
Nya sdh ri isi darbagus tinggal penambahan media nya penguatan guru dalam menerangkan serta memperdalam makna tentang materi tersebut dengan mempelajari isi kandungan dari ayat tersebut dengan cara metode menghafal yang menarik minat siswa.



Sikap
·       Peserta didik melakukan  pengamatan terhadap perilaku menghayati nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT melalui lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·       Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna beriman kepada malaikat;
·       Membuat paparan analisis tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat.
Pengetahuan
·       Tes kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang  iman kepada malaikat.
·       Memaparkan hasil pengamatan tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat.

Keterampilan
·       Mengumpulkan data (gambar, berita, artikel tentang perilaku yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar